Jumat, 09 November 2012

Santo Yohanes Pembaptis (San Juan)


St. Yohanes Pembaptis(Yahya bin Zabdi)
Pesta: 24 Juni

Yohanes adalah anak dari imam Zakharia. Ibunya Elisabeth, tante Santa Perawan Maria. SP. Maria datang melewatkan masa tiga bulan bersama dengannya untuk membantunya menjelang kelahiran Yohanes Pembaptis. Malaikat Gabriel memberitahukan kelahiran Yohanes melalui sebuah penglihatan kepada imam Zakharia di dalam kuil dan mengatakan bahwa Yohanes akan mempersiapkan umat Allah untuk kedatangan Sang Penyelamat.

Yohanes tinggal beberapa tahun dipadang gurun. Di sungai Yordan ia tampil dan berseru: "Bertobatlah, Kerajaan Allah sudah dekat. Aku adalah suara yang berseru di padang gurun. Luruskanlah jalan bagi Tuhan." Orang banyak bertobat dan dibaptis olehnya sebagai tanda pertobatan dan pengampunan dosa.


Pada suatu hari Yohanes menunjuk kepada Yesus yang berada di tengah-tengah orang banyak. "Lihatlah Sang Anak Domba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia!" Dan ketika Yohanes menuangkan air di atas kepala Yesus di sungai Yordan, Roh Kudus menampakkan diri dalam bentuk seekor burung Merpati dan Allah Bapa berkata: "Inilah Putera-KU terkasih, kepada-NYA, AKU berkenan".


Yohanes meninggal di tangan Raja Herodes yang telah memenggal kepalanya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar